Walikota Baubau Harap Universitas Ciptakan SDM Berkualitas

0
116

SUARAADIL.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau akan terus memberikan dukungan kepada semua universitas yang ada di Kota Baubau, baik dukungan infrastruktur maupun suprastruktur yang masih dalam batas kewenangan pemerintah daerah, sehingga dapat bersinergi berkontribusi menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas.

Demikian dikatakan Wali Kota Baubau saat menghadri Grand Launching Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Buton di gedung Convention Center KM 5 Sabtu (6/5/2023).

Saat ini menurut La Ode Ahmad Monianse, yang menjadi tugas besar pemerintah adalah menyediakan pintu yang selebar-lebarnya agar lebih banyak masyarakat yang bisa meraih pendidikan tinggi. dengan begitu, kualitas sumber daya manusia dapat semakin kompetitif untuk menjawab kebutuhan zaman.
Diungkapkan, jika menyimak dari data jumlah perguruan tinggi di Kota Baubau yang jumlahnnya sebanyak 7 universitas, 670 tenaga akademisi dosen, dan 15.453 mahasiswa maka kondisi ini berkorelasi pada capaian angka partisapasi kasar pendidikan tinggi se-Sulawesi Tenggara yang saat ini sebesar 45,24 persen dan berdasarkan data survei angkatan kerja nasional, 20,7 persen masyarakat Kota Baubau berasal dari lulusan pendidikan tinggi, serta indeks pembangunan manusia Kota Baubau sebesar 76,26 berada pada urutan kedua di Provinsi Sulawesi Tenggara. Fakta ini menunjukkan bahwa perlu ada upaya kolaboratif bersama agar capaian ini bisa dioptimalkan. sehingga Kota Baubau mampu menjadi kota dengan Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa yang cerdas, unggul dan mampu bersaing di tingkat nasional.

Lebih lanjut dijelaskan, sekarang ini, Pemkot Baubau telah mempersiapkan Major Project kawasan Makidha 2024 atau akronim dari model akselarasi kawasan pendidikan, perdagangan jasa dan usaha, yang akan menjadi ruang pertumbuhan ekonomi baru bagi kota baubau dengan nuansa pendidikan tinggi yang cukup kental dan berkolaborasi dengan sekitarnya. transfer knowledge dan transfer behaviour di harapan terjadi di kawasan ini. Peran kolaboratif Pemkot Baubau dan perguruan tinggi untuk kemajuan daerah sangat besar. pemerintah butuh berkolaborasi melihat dan mengembangkan potensi daerah ini dari sisi akademis. “Dengan terbentuknya program pasca sarjana ini, saya menaruh harapan besar agar Kota Baubau dapat menjadi daya tarik atmosfir pendidikan bagi Kabupaten/Kota di wilayah Kepulauwan Buton dan bahkan Sulawesi Tenggara. Pada kesempatan yang berbahagia ini ujinkan saya secara pribadi dan atas nama Pemkot Baubau menyampaikan selamat atas terbentuknya program pascasarjana magister ilmu hukum Universitas Muhammadiyah Buton, semoga ini menjadi langkah baik kedepan yang mampu melahirkan magister hukum yang unggul secara intelektul dan moral dalam menjawab tantangan dan dinamika persoalan di bidang hukum,”ujarnya.

Ditambahkan, momentum Grand Launching Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Buton menjadi poin strategis bagi jajaran Universitas Muhammadiyah Buton dalam rangka memperkuat langkah pencapaian visi dan misi untuk menjadikan perguruan tinggi ini memiliki daya saing yang tinggi, baik secara lokal, regional maupun nasional untuk menciptakan manusia berkualitas dan berintegritas. Talenta-talenta dari perguruan tinggi yang berdaya saing akan sangat mendukung pengembangan kemajuan Kota Baubau ke depan. Sebab, nantinya juga akan memainkan peranan penting dalam proses transformasi digital dunia. Peranan yang hakiki dari Universitas Muhammadiyah Buton, sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi, yaitu melahirkan generasi muda berkarakter dan berdaya saing tinggi yang nantinya akan menjadi game changer di tengah tantangan dan perubahan yang dihadapi masyarakat inovatif saat ini kemampuan adaptasi tinggi, kompetitif dan berjiwa merupakan prasyarat utama yang perlu dimiliki oleh generasi muda berkarakter agar menjadi job creator berlandaskan iman dan taqwa.

Editor : Mulyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini