Polres Baubau Resmi Gelar Operasi Keselamatan Anoa 2022

0
850
plt Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse bersama Kapolres Baubau yang melakukan pemeriksaan pasukan Operasi Keselamatan Anoa 2022.(foto : Humas Polres Baubau)

SUARAADIL.COM, BAUBAU – Upacara Apel gelar pasukan dalam rangka operasi keselamatan Anoa 2022 wilayah jajaran Polres Baubau dipimpin langsung Kapolres Baubau, selasa (1/3/2022).

Kapolres Bau Bau AKBP Erwin Pratomo, SIK yang membacakan amanat Kapolda Sulawesi Tenggara mengungkapkan gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan-Anoa 2022. Sebagaiman diketahui bersama, bahwa permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis.

“Hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya ruas jalan, jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan berbagai permasalahan tersebut diantaranya adalah meningkatnya pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan kecelakaan dan kemacetan, sehingga memerlukan upaya penanganan secara profesional dan komprehensif, agar tercipta kamseltibcarlantas sebagaimana yang diharapkan.

Kita menyadari, bahwa dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas tersebut, dibutuhkan peran serta seluruh stake holder, agar mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, juga diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintahan lainnya, yang bertanggung jawab dalam pembinaan kamseltibcarlantas, yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan.

Apabila tingkat koordinasi tersebut tidak optimal, maka akan berdampak pada kurang maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas jalan, regulasi angkutan over dimensi dan over loading, serta rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat, dalam mematuhi aturan ataupun
ketentuan perundang – undangan di bidang lalu lintas.

Mencermati berbagai permasalahan diatas, berdasarkan instruksi presiden nomor 4 tahun 2013 tentang program decade aksi keselamatan jalan, bahwa upaya untuk mewujudkan keselamatan berlalu lintas di jalan raya. Instruksi tersebut terdiri atas 5 ( lima ) pilar yang merumuskan tentang manajemen keselamatan jalan; jalan yang berkeselamatan; kendaraan yang berkeselamatan; perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan; serta penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Guna mengimplementasikan ketentuan tersebut di atas, pengemban fungsi operasional polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan, yang kali ini dilaksanakan menjelang hari raya Idul Fitri 1943 H, guna cipta kondisi kamseltibcar lantas menjelang Idul Fitri 1443 H tahun 2022 serta pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah hukum Polda Sultra.

Adapun waktu pelaksanaan operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, sejak tanggal 1 Maret sampai dengan 14 Maret 2022, secara serentak diseluruh wilayah indonesia, dalam rangka cipkon kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1443 H tahun 2022 serta pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah
hukum Polda Sultra. Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan dengan persentase kegiatan preemtif 50 % serta preventif 50%, untuk penindakan hanya dilakukan secara selektif prioritas terhadap pengemudi yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan mengedepankan pendekatan yang humanis, namun tidak dilaksanakan target dalam jumlah penilangan.

Diakhir sambutanya Kapolres menekannkan agar selama pelaksanaan operasi ini, faktor keamanan, keselamatan dan kesehatan personel diutamakan, khususnya pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas. Oleh karena itu, pedomani standar operasional prosedur serta protocol kesehatan yang telah ditetapkan.

Editor : Mulyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini