Pemkot Baubau Dukung Sertipikat Elekronik di Baubau

0
17

SUARAADIL.COM, BAUBAU – Pemerintah pusat sudah mengeluarkan kebijakan dengan program sertipikat tanah secara elektronik dan Kota Baubau untuk pertama kalinya menerapkan sertipikat elektronik. Penerapan sertipikat elektronik ini dinilai dapat membantu masyarakat terutama apabila hilang bisa didapatkan kembali dengan mudah.

Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat penyerahan sertipikat untuk rakyat di aula kantor Wali Kota Baubau Palagimata Rabu (8/5/2024) mengatakan, kebijakan Pemerintah Pusat dengan program sertipikat elektronik harus diterima dan Baubau dapat dijadikan sebagai contoh.

Dr Muh Rasman berharap program sertipikat elektronik di Kota Baubau dapat didorong terus termasuk milik masyarakat. Sehingga adanya keraguan kalau sertipikat hilang tidak perlu dirisaukan lagi sebab sudah ada backup datanya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini meminta seluruh Camat, Lurah, RT dan RW se Kota Baubau mendukung dan mensukseskan program sertipikat elektronik di Baubau dengan menyampaikan ke masyarakat jikalau misalnya ada lahan yang memang belum clear agar segera diclearkan secepatnya.

”Jadi saya tidak ingin kita sudah berjuang untuk memenuhi keinginan ini kemudian hanya karena ada satu persoalan yang tidak bisa kita kendalikan atau tidak bisa kita diidentifikasi akhirnya muncul di media sosial seakan-akan semua yang hadir di sini memiliki sertipikat bermasalah hanya gara-gara satu orang belum clear dia punya lahan.,”ujarnya.

Ditambahkan, ATR/BPN merupakan mitra utama dari Pemkot Baubau. Oleh sebab itu, dikarenakan minggu depan ada rencana Presiden RI akan hadir di Sulawesi Tenggara maka saat ini Kota Baubau yang sudah lengkap datanya. Hanya tinggal pengurusannya dan tahun ini pengurusan itu diprogramkan oleh Pemkot Baubau lewat program nasional PTSL.

”Nah saya sangat berharap lewat camat lurah untuk menyampaikan ke warga kita agar supaya ini segera dapat dipenuhi karena kami juga berharap pada kesempatan Presiden RI sampai berkunjung ke Sulawesi Tenggara salah satu agenda yang ingin kita tunjukkan bahwa Kota Baubau selain sudah lengkap pemetaannya juga sudah sekian ribu sertipikat yang akan kita dukung dan akan diterima oleh masyarakat kita itu yang menjadi target untuk Kota Baubau,”tutupnya.

EDITOR : MULYADI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini