Puskesmas Kadolomoko Optimis Mendapat Nilai Paripurna

0
207

SUARAADIL.COM, BAUBAU – Sebagai salah satu tempat pelayanan kesehatan tingkat pertama, Puskesmas Kadolomoko yang terletak di Kelurahan Kadolomoko Kecamatan Kokalukuna Kota Baubau mendapat kunjungan tim penilai Akreditasi Rabu (31/1/2024) untuk penilaian Puskesmas Paripurna.

Kepala Puskesmas Kadolomoko, LM Asri SKM mengungkapkan Puskesmas Kadolomoko yang ada saat ini terus memberika. Pelayanan makasinal kepada masyarakat, sehingga akan mempermudah setiap pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan terukur. “Puskesmas Kadolomoko yang ada saat ini memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama masyarakat di dua kelurahan yakni kelurahan Kadolomoko dan Kadolo,” ungkap Asri.

Ia menambahkan Puskesmas Kadolomoko dengan Motto Anda sehat Kami bahagia terus. Dengan Motto ini pihaknya terus memberikan beberapa langkah dan misi yakni pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau, mendorong kehidupan masyarakat untuk hidup sehat, menjalin kerja sama lintas sektor dan mendekatkan pelayanan kesehatan secara berkesinambungan. “Untuk itu ucapata. Terima kasih kepada kementrian kesehatan dan juga pemerintah Kota Baubau yang telah membangun puskesmas ini dengan baik,” ucap orang nomor satu di Puskesmas Kadolomoko ini.

Saat ini puskesmas Kadolomoko telah mempersiapkan diri dalam menghadapi penilaian untuk nilai paripurna, dan berharap kiranya tim Survey Re Akreditasi dapat memberikan penilaian kepada pelayanan dan manajemen Puskesmas yang ada. ” Selamat datang Tim surveyor Leskesi oleh lembaga akreditasi faskenkes seluruh indonesia di Puskesmas Kadolomoko,” tutup LM Asri.

Sementara itu PLH Sekda Kota Baubau dalam hal ini di wakili Asisten 3 Kota Baubau Laode Darussalam, S.Sos MSi mengucapkan selamat datang kepada tim Surveyor di Kota Baubau, dan terima kasih atas kerja selama ini yang dimana sudah ada beberapa puskesmas di Kota Baubau telah mendapat penilaian baik Masya, utama dan Paripurna. “hari ini akan dibuktikan hasil kerja selama ini dan tidak perlu ragu dan takut karena penilaian ini adalah penilaian hasil kerja yang setiap harinya dijalankan dan dilaksanakan dan itu sudah menjadi kewajiban sebagai pelayan kesehatan di Kota Baubau,” ungkap Darusalam.

Darussalam berpesan kepada pelayan kesehatan sebagai garda terdepan di Puskesmas untuk tetap menjaga kesehatan karena tidak hanya menjalankan Motto Anda sehat kami bahagia, namun juga sebagai garda terdepan perawat dan dokter juga harus menjaga kesehatan masing-masing. “Dan atas nama pemeribtaj Kota Baubau mengucapkan selamat bekerja buat tim penilai, besar harapan kami Puskesmas Kadolomoko mendapat penilaian Paripurna karena segala persiapan dan yang akan diinilai sudah lebih baik,” tutup Darussalam.

Ketua Tim Surveyor dr Oktavianus SKed sangat kagum dengan persiapan Puskesmas Kadolomoko didalam menghadapi penilaian ini. “Jika melihat sepintas dan pertama disambut di Puskesmas Kadolomoko ini saya sudah dapat menilai puskesmas ini layak untuk mendapatkan penilaian Paripurna,” ungkapnya bangga.

Ia menambahkan secara kondisi bangunan dan infastrukur sudah layak dan sudah memenuhi kelayakan bintang lima, namun itu baru nampak dari luar dan kami berharap setelah kami melakukan peninjauan secara manajemen dan administrasi kami berharap juga dapat dipertanggung jawabkan sehingga penilaian Paripurna akan dapat dicapat. “Puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan tingkat pertama Puskesmas harus memberikan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat, selain ini pengelolaan dan manajemen Puskesmas harus bisa terukur,” tambahnya.

Dan tak kalah pentingnya adalah kolaborasi lintas sektor itu paling utama karena pelayanan kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab dari puskesmas namun semua pihak baik itu, pemerintah kecamatan, kelurahan, tokoh agama dan tokoh masyarakat. “Kerja sama lintas sektor di Kadolomoko ini saya melihat sangat baik ini dibuktikan dengan hadirnya semua pihak dalam kegiatan hari ini, ditengah padatnya agenda namun mereka dapat hadir bersama-sama hari ini. Ada Babinsa, Bhabinkamtibmas, lurah, camat, tokoh masyarakat, kader posyandu dan juga masyarakat” tutupnya.

Kamu juga berharap dan saat ini bisa melihat Puskesmas Kadolomoko dapat dan layak untuk mendapat penilaian Paripurna.
Dalam kegiatan Survey Re Akreditasi Puskesmas Kadolomoko juga dihadiri Kepala Dinas kesehatan Kota Baubau dr Lukman. Kegiatan survey oleh tim penilai akan dilakukan selama tiga hari.

Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi. Predikat ini diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di faskes tingkat pertama.

Editor : Mulyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini