Saido Bonsai Jabat Pj Sekda Baubau

0
102

SUARAADIL.COM, BAUBAU – Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi resmi melantik Saido Bonsai sebagai Pj Sekda Baubau. Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Jumat 27 Oktober 2023.

Saido Bonsai sendiri merupakan pejabat di Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra yang jabatannya adalah Kepala Biro Organisasi Setda Sultra.

Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi menuturkan, pelantikan ini dilaksanakan karena jabatan Pj Sekda sebelumnya telah berakhir beberapa waktu yang lalu. Disisi lain, Sekda definitif Kota Baubau juga belum ditetapkan.” Pelantikan hari ini merupakan tindak lanjut dari keputusan Gubernur Sultra tertanggal 24 Oktober 2023. Karenanya, kami mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur atas penunjukan tersebut dan menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemprov Sultra yang telah memfasilitasi pengangkatan Pj Sekda Baubau,” tuturnya.

Kata dia, pelantikan Pj Sekda ini diperlukan untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda sebelumnya. Sehingga pelantikan hari ini menjadi penting karena meskipun bersifat sementara, Pj Sekda memiliki kewenangan selayaknya Sekda definitif, karena posisinya sangat strategis dan perannya sangat sentral dalam membantu kepala daerah.Y ang tercepat (tugas Pj Sekda), lanjut dia, adalah pelaksanaan Perubahan APBD 2023 dan penyusunan KUA-PPAS APBD 2024 yang sudah didepan mata. Termasuk didalamnya mengawal penganggaran untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, serta pengawalan percepatan delapan program prioritas.

Delapan program prioritas tersebut meliputi penanganan kemiskinan, penurunan stunting, pengendalian inflasi daerah, penggunaan produk dalam negeri dan inovasi daerah, percepatan izin investasi dan perekonomian daerah, prioritas dan pemetaan potensi daerah, kondusifitas kerukunan sosial daerah, serta menyukseskan Pemilu 2024.” Termasuk pula membina dan menata aparatur, serta mendorong tranformasi PNS Lingkup pemkot Baubau dalam kedisiplinan, sikap, dan kompetensi sehingga terwujud budaya kerja yang profesional dan responsif. Termasuk didalamnya sebuah PR untuk mempertahankan bahkan meningkatkan nilai TPP ASN Kota Baubau,” tandas Rasman Manafi.

Editor : Mulyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini