Pendataan PPK23 Kota Baubau Dimulai

0
71

SUARAADIL.COM, BAUBAU – Pendataan Keluarga adalah kegiatan pengumpulan data-data terkait pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana, dan anggota keluarga. Pendataan keluarga secara serentak secara rutin dilaksanakan oleh BKKBN setiap lima tahun sekali. Yang terbaru adalah 2021 yang lalu. Tujuan dari pendataan keluarga adalah tersedianya database yang dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan.

Adapun Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2023 (PPK23) merupakan kegiatan untuk memutakhirkan data keluarga Indonesia dengan cara melengkapi, memperbaiki, memperbaharui, mencatat mutasi dan mendata keluarga baru yang belum ada dalam Basis Data Keluarga Indonesia (BDKI).

Kegiatan ini dilaksanakan salah satunya melalui kunjungan rumah ke rumah dengan cara wawancara dan dan atau mengobservasi kepala keluarga, yang dilakukan secara serentak pada waktu yang telah ditentukan pada tahun 2023.

Sasaran Pendataan Keluarga adalah keluarga yang terdiri dari suami, istri, dan anak, atau orang tua tunggal beserta anaknya. Juga keluarga khusus atau mereka yang tak sesuai definisi keluarga dalam UU Nomor 52 Tahun 2009, tapi memiliki hubungan kekerabatan. Misalnya, keluarga yang terdiri atas kakak-adik tanpa orang tua, atau kakek/nenek bersama cucunya, atau yang berstatus seorang diri.

Pengumpulan data pada PPK23 dilakukan dengan mendata seluruh keluarga yang memiliki beberapa kriteria. Pertama, lokus yang terpilih sebagai sampling yang terdiri dari Kelurahan Sampel. Dan kedua, kelurahan belum terdata Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PPK21) atau cakupan keluarga terdata rendah. Ditambah dengan memprioritaskan keluarga memiliki Pasangan Usia Subur (PUS), Balita dan Ibu Hamil.

Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Baubau Sulima SKM.,M.Si mengatakan, untuk Kota Baubau sendiri, PPK23 dilaksanakan pada 20 Kelurahan, yaitu: Kel katobengke, Lipu, Sulaa, Kantalai, Kolese, Kalialia, Palabusa, Lowu2, Kaisabu baru, Karya Baru, Bugi, Gonda baru, Kadolomoko, Lakologou, Liwuto, Wale, Bataraguru, Wangkanapi, BWI dan Batulo.

“Pelaksanaan kegiatannya serentak pada tanggal 1 juli smpai 7 Agustus 2023,” kata Sulima.

Editor : Mulyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini