Persiapan Kota Baubau Menuju SWASTI SABA WISTARA 2

0
120

SUARAADIL.COM, BAUBAU – Kota Baubau adalah merupakan salah kota di Indonesia yang telah meraih penghargaan untuk kategori kota sehat dengan pengharagaan tertinggi swasti saba wistara  untuk kedua kalinya.

Dan untuk tahun 2023 ini kemabli Kota Baubau mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba kita sehat untuk piala SWASTI SABA WISTARA 2.
Untuk Piala WISTARA 2 ini memang kategori agak berbeda dengan kategori sebelumnya, untuk kategori WISTARA 2 salah satu tatanan yang di nilai adalah Pasar Rakyat dan untuk kota Baubau pasar rakyat yang akan di nilai adalah pasar Rakyat yang ada di keluarahan Wameo atau pasar Wameo.

Hal tersebut disampaikan pembina Kota Sehat Kota Baubau Ibu Wa Ode Nursanti Monianse saat meninjau langsung pasar Wameo dalam persiapan lomba Kota sehat( sabtu tanggal 25 maret 2023) .
Sebagai salah satu obyek atau tatanan penilaian Kota sehat maka beberapa hal yang hari di benahi adalah untuk administrasi pasar maka harus ada Ruang kerja kepala pasar, Mushala, Kamar mandi atau WC yang sehat, ruang laktasi bagi ibu menyusui dan untuk hal Pasar Wameo telah tersedia hanya perlu pembenahan ungkap Pembina Kota sehat yang juga Ketua TP PKK Kota Baubau.

Pada kesempatan ini Nursanti Monianse mengatakan bahwa yang agak sedikit berat untuk di benahi adalah lokasi para penjual terutama penjual sayur dan ikan yang saat hampir memenuhi rias ruas jalan di pasar Wameo untuk hal ini maka perlu kerja sama dari semua pihak dan instansi terkait untuk penanganan hal tersebut. Berdasarkan data yang di dapat ternyata penjual di pasar Wameo khusus penjual ikan dan sayur banyak yang datang dari luar kota Baubau atau kabupaten tetangga hal ini memang tidak salah tapi yang harus di perhatikan adalah letak dan penataan lokasi penjualan merka sehingga pasar tidak kelihatan kotor dan kumuh.

Ia melihat langsung bangunan pasar ikan yang telah banyak kosong di tinggalkan penjual yang lebih memilih berjualan di luar bangunan yang telah disiapkan. Saluran pembuangan atau dranase dalam pasar yang juga tersumbat tentu ini memerlukan keterlibatan semua pihak untuk mendukung Wameo sebagai PASAR SEHAT menuju Piala WISTARA 2. Untuk area parkiran kendaraan sebagaimana salah sat syarat dalam penilaian pembina Kota sehat ini mengatakan perlu ada nya plat atau papan pemberitahuan bagi ruas ruas parkir yang bisa di gunakan untuk roda 4 dan Roda 2 termasuk parkir kendaraan yang bongkar muat jualan bagi yang datang dari luar kota Baubau.

Nursanti Monianse mengharapkan pasar Wameo bisa menjadi contoh pasar Rakyat yang sehat untuk kota Baubau ini bukan hanya karena sekedar karena kita mengikuti lomba kota sehat tapi seterus nya pasar Wameo ini akan menjadi pasar sehat untuk kota Bahbau , tutup pembina kota sehat Kota Baubau ibu Nursanti Moniansw Spd.

Dalam kunjungan ini pembina kota sehat turut di dampingi oleh Anggota Forum kota sehat kota Baubau, kepala Dinas Perindag,kadis Kominfo Lurah Wameo, kepala Puskesmas Wameo dan beberapa pengurus PKK Kota Baubau.

Editor : Mulyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini