Dispar Kota Baubau Gagas Event Pariwisata di Setiap Kecamatan

0
160

SUARAADIL.COM, BAUBAU – Dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggagas event keparisataan Dinas Pariwisata Kota Baubau menggelar Fasiliitasi Dukungan Even daerah dan Pamasaran Kepariwisataan di Delapan kecamatan Kota Baubau.

Camat Batu Puaro, Muh Iqbal Djalaluddin SSTP mengatakan kegiatan ini sangatlah bermanfaat mengingat ada beberapa potensi Destinasi wisata berada di wilayah Kecamatan Batupuaro. “Event tahunan yang sudah dikenal masyarakat luar di Kota Baubau yakni festival Batupuaro dan tuturangia andala Bone-Bone,” ujarnya.

Untuk itu diharapkan kepada seluruh stekholder yang ada di Kecamatan Batupuaro dapat memberikan masukan dan juga ikut serta dalam penyelenggaraan event kepariwisataan di wilayah kecamatan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, LM Idrus Taufiq Saidi, memaparkan dalam materinya saat ini kita sudah tidak dapat berharap banyak dengan ketersediaan dana APBD namun bagaimana keterlibatan masyarakat dalam memanfaatkan potensi yang ada bisa berdaya guna didalam mengembangkan daerah minimal di kelurahannya. *Para pedagang kaki lima, PNS, pegawai swasta, karang taruna, majelis taklim, perempuan saat ini sangatlah berpotensi didalam keterlibatan berbagai event kepariwisataan,” paparnya.

Ia mencontohkan sebagai daerah pariwisata di Bali, dimana seluruh aktifitas masyarakat saling mendukung pengembangan kepariwisataan di Bali. “Setiap hari di pagi hari masyarakat Bali dengan pakaian sedehana dengan membakar dupa sudah menjadi tontonan wisata bagi wisatawan yang berkunjung di Bali,” tambahnya.

Untuk itu saat ini menjadi tanggung jawab pemerinta adalah bagaimana memastikan semua pihak dapat berperan aktif didalam kalender kepariwisataan daerah, sehingga akan saling menguntungkan masyarakat satu sama lain. “Festival Perairan Kota Baubau yang diselenggarakan akan berdampak keluar, para tamu dan peserta lomba akan ramai berkunjung di Kota Baubau yang sudah pada tentu mereka membawa uang, menginap dihotel atau penginapan, makan setiap hari, dan beberapa aktifitas lain mendatangkan prospek perekonomian di tengah masyarakat, ” tutupnya .

Dengan kegiatan ini diharapkan akan ada kalender Event Kepariwisataan di Kota Baubau dan akan disepakati menjadi kegiatan tahunan bersama masyarakat luas. Kegiatan ini akan diselenggarakan. Seluruh kecamatan di Kota Baubau dengan melibatkan berbagai pihak di tingkat kelurahan.

Peliput / Editor : Mulyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini