Walikota Baubau Menilai Kurikulum Merdeka Berhasil

0
181

 

SUARAADUIL.COM, BAUBAH – Tahun pelajaran 2022/2023, belum ada satuan Pendidikan di Kota Baubau yang melaksanakan Kurikulum Merdeka jalur Mandiri, maka pada tahun pelajaran 2023/2024 tahun ini satuan Pendidikan Kota Baubau telah siap melaksanakan Kurikulum Merdeka jalur Mandiri.

Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya satuan Pendidikan melakukan pendaftaran IKM melalui jalur Mandiri dan menyiapkan anggarannya melalui arkas masing-masing satuan Pendidikan.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menghadiri rapat koordinasi guru se-Kota Baubau tahun 2023 di aula kantor Wali Kota Baubau Palagimata Selasa (21/2/2023). Kurikulum merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi covid-19 ternyata terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia, termasuk beberapa sekolah di Kota Baubau yang dikenal sebagai sekolah penggerak.

Hal ini berarti ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.Anak-anak juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya. Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan, terutama di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.

Hasil asesmen nasional kemudian menjadi bahan utama isi Rapor Pendidikan. Sementara rapor pendidikan berfungsi untuk introspeksi secara menyeluruh dalam menyelesaikan persoalan pendidikan sesuai akar masalah demi perbaikan yang berkelanjutan dan peningkatan kualitas Pendidikan. Rapor Pendidikan menyajikan data obyektif dan handal karena laporan tersaji secara otomatis dan terintegrasi. Rapor pendidikan juga berfungsi sebagai instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).

Dengan demikian satuan Pendidikan bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data.”Perencanaan berbasis data adalah bentuk pemanfaatan data pada platform rapor pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun Pemerintah Daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan,”ujar La Ode Ahmad Monianse.

Politisi PDIP ini berharap di bawah koordinasi dan arahan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, sekolah-sekolah penggerak dapat menjadi contoh dan pelopor Implementasi Kurikulum Merdeka dan peningkatan mutu Pendidikan di satuan pendidikan yang ada di Kota Baubau. Selian itu, sekolah penggerak yang ada di Kota Baubau membuka diri untuk berbagi kepada sekolah lain yang akan menerapkan kurikulum merdeka melalui jalur mandiri. Demikian pula calon guru penggerak Kota Baubau dari Angkatan 7 dan seterusnya dapat menyelesaikan pendidikannya sesuai target dan selanjutnya menjadi pemimpin-pemimpin pembelajaran yang mampu menggerakkan guru-guru di satuan pendidikan masing- masing, bahkan menjadi teladan dan agen transformasi pendidikan yang akan mewujudkan profil pelajar pancasila di Kota Baubau.

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita masih jauh dari garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak. Ke depan, masih akan ada tantangan yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk mewujudkan mutu Pendidikan yang lebih baik,””ungkapnya.

Editor : Mulyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini