Walikota Ternate, Dukung Aspirasi Masyarakat Terbentuknya Provinsi Kepton

0
173

SUARAADIL.COM, BAUBAU – Tujuan terbentuknya daerah otonom baru merupakan salah satu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Walikota Ternate memberikan dukunagan dengan adanya aspirasi masyarakat eks kesultanan Buton untuk membetuk provinsi Kepulauan Buton.

Sebagai salah satu daerah yang mempunyai hubungan emosional kekerabatan yang sangat erat, rupanya Ternate sangat mendukung jika wilayah Eks Kesultanan Buton menjadi satu provinsi baru di Indonesia.

Provinsi baru yang dimaksud, jika benar-benar mekar bernama Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) yang mencakup enam kabupaten/kota. Hal ini diutarakan Wali Kota Ternate Dr M Tauhid Soleman saat menghadiri undangan peringatan Hari Jadi Baubau ke 481 tahun dan HUT Kota Baubau ke 21 sebagai daerah otonom, Senin 17 Oktober 2022.

Wali Kota Ternate Dr M Tauhid Soleman menganggap wajar jika masyarakat eks Kesultanan Buton sangat mengharapkan adanya otonomi provinsi baru (mekar dari Provinsi Sultra).

“Itu adalah sebuah hal yang wajar karena otonomi itu adalah dalam rangka untuk memastikan pelayanan yang jauh menjadi dekat, yang belum leluasa menjadi leluasa karena mengurus ‘rumah tangganya’ sendiri,” tutur Tauhid kepada inilahsultra.com usai Kande-kandea di Baruga Keraton Buton, Kota Baubau.

Ia menambahkan ini dapat dilihat sendiri seperti apa kondisi luasnya wilayah Provinsi Sultra yang begitu besar, dan ada aspirasi dari sebagian masyarakat Sultra yakni masyarakat eks Kesultanan Buton untuk memisahkan diri.

“Itu kami mendukung karena yang terpenting adalah memastikan pelayanan itu bisa diterima baik oleh masyarakat,” tutupnya.

Peliput / Editor : Mulyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini