Dekranasda Baubau Tampilkan Sembilan Motif Kain Tenun Pada IFW 2022

0
318

SUARAADIL. COM,  BAUBAU,  – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau telah menampilkan sembilan motif Kain Tenun pada Event Indonesia Fashion Week (IFW) 2022, yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center Jakarta Pusat pada akhir pekan lalau, Ahad (17/4/2022).

Ketua Dekranasda Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse saat ditemui di kediamannya pada Rabu (20/4/2022) mengatakan, motif-motif yang ditampilkan dalam Event IFW 2022 tersebut, merupakan Motif pengembangan yang telah dilombakan pada desain tenun beberapa bulan yang lalu.

“Jadi beberapa bulan lalu ada lomba desain motif tenun, yang kemudian hasil daripada desain motif itu kita bawa ke Jakarta untuk mengikuti Event Indonesia Fashion Week, dengan menggandeng desainer ternama Indonesia Defrico Audy sebagai pendesain baju-baju yang diikutkan dalam IFW itu,” ujarnya.

Wa Ode Nursanti Monianse menambahkan, yang menjadi Icon dari sembilan motif yang diperagakan pada Event Indonesia Fashion Week tersebut adalah motif Lawa. Di mana, istilah Lawa tersebut merupakan nama dari semua pintu gerbang yang ada di Benteng terluas di dunia, yaitu Benteng Keraton Wolio Kota Baubau.

“Ini adalah salah satu bentuk promosi kita, agar kain tenunan kita ini bisa dikenal bukan hanya di level Nasional, tetapi juga dapat dikenal di mancanegara, itulah tujuan promosi kita. Karena di Kota Baubau ini kita memiliki banyak pengrajin tenun, bahkan hampir mencapai sekitar 800 pengrajin,” tuturnya.

Wa Ode Nursanti Monianse berharap, agar pada Event IFW tahun berikutnya, motif kain tenun yang akan ditampilkan oleh Kota Baubau lebih banyak lagi. Di mana, hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi para pengrajin tenun dalam berkreasi untuk mengembangkan hasil tenunannya.

“Karena Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai perwakilan pemerintah menyaksikan langsung acara itu, maka saya sebagai Ketua Dekranasda yang merupakan mitra pemerintah mengharapkan, agar pemerintah Kota Baubau lebih memperhatikan lagi hal ini. Dan mudah-mudahan kerja sama kita dengan desainer ternama ini, tahun depan kita bisa tampil lebih maksimal lagi dari tahun ini,” pungkasnya.

Diketahui, Event IFW tersebut juga dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Drs. Teten Masduki, serta sejumlah Duta Besar, dan sejumlah istri pejabat tinggi negara. Di antaranya ialah Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nur Asia Uno. Selain itu, juga telah dihadiri oleh sejumlah Gubernur, Bupati/Wali Kota, serta sejumlah pejabat daerah lainnya. Seperti Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Dr. Hj. Nur Endang Abbas.(IST)

EDITOR : MULYADI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini